SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS APS 4.0 MENUJU KUALITAS PROGRAM STUDI YANG UNGGUL UNIVERSITAS LANGLANGBUANA

Rabu, 21 Agustus 2019 00:00:13 WIB Oleh : Humas Unla


image

Materi pertama disampaikan oleh Ketua SPMU Unla Dr. Siti Rosimah, S.T.M.T. tentang Landasan dari Akreditasi sebuah Institusi Pendidikan, diantaranya adalah Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  (Pasal 60 dan 61) Undang-undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen  (Pasal 47) Peraturan Pemerintah RI no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan(Pasal 86,87,dan 88) Peraturan Menteri Pendididkan Nasional RI no. 28 tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Perguruan Tinggi yang sudah terakreditasi juga menjadi media informasi bagi para calon mahasiswa atau orang tua, pasar kerja dan penyandang dana, mengenal kualitas PT serta Lulusannya. Dan manfaat bagi PT yang bersangkutan, mereka akan mendapatkan informasi untuk meningkatkan kualitas dan perencanaan Akademiknya, mereka juga akan lebih mudah menjaring kemitraan dengan Institusi lain dari dalam maupun luar negri.

 

Penyampaian Materi yang kedua disampaikan oleh Dr. Agus Setiabudi, M.Si Dewan Eksekutif Ban PT dengan materi IAPT 3.0 dan IAPS 4.0, kerangka dasar dan Kebijakan Pelaksanaan.

 

Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 atau yang disingkat IAPS 4.0 merupakan Instrumen akreditasi program studi terbaru yang berorientasi pada output dan outcome. IAPS 4.0 mulai berlaku efektif per tanggal 1 April 2019, sehingga usulan akreditasi yang disampaikan mulai tanggal 1 April 2019 sudah harus menggunakan IAPS.

 

IAPS 4.0 terdiri dari laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Akademik (LKA)

Berbeda dengan instrumen akreditasi program studi sebelumnya (IAPS 3.0) yang menggunakan 7 standar, IAPS 4.0 menggunakan 9 kriteria sebagai berikut : Visi Misi Tujuan dan Strategi, Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, sarana dan prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Luaran dan capaian Tridarma.

 

Penyampaian Materi Ketiga oleh Saepudin Nirwan, S.Kom., M.Kom. Dengan Materi Bimbingan Teknis Penyusunan LED.

 

Disini dipaparkan lebih pada pengerjaan untuk semua persyaratan Evaluasi diri, detailnya dan sub-sub pengerjaannya harus sesuai dan tidak keluar dari koridor – koridor yang seharusnya.

 

 

Semua materi yang disampaikan bisa dibuka di http://bit.ly/BahanPaparanBimtekAPS4



Humas Unla