RANGKAIAN KEGIATAN DIES NATALIS UNLA KE 37

Senin, 22 April 2019 10:56:34 WIB Oleh : Administrator


image


1. Rangkaian kegiatan Dies Natalis UNLA ke 37 diawali dengan kegiatan ziarah kubur salah satu pendiri UNLA  almarhum bapak Umar Srijadi SH, di kawasan Jatigede Sumedang , pada tanggal 11 Maret 2019 yang dihadiri oleh Rektor UNLA Dr. HR.AR. Harry Anwar SH, MH beserta WR 1 dan WR 2 , serta para civitas akademika.


2. Kemudian dilanjutkan dengan acara Bhakti sosial Universitas langlangbuana dalam rangka Dies Natalis UNLA ke37,berlangsung hari ini Senin , 1 April 2019 , bertempat di Panti asuhan Ulul Al Bab , Jalan Sadakeling Burangrang Bandung.Acara ini dimeriahkan juga oleh pertunjukan Qasidah dan Sholawat yang dipersembahkan oleh anak-anak panti asuhan. Acara diawali oleh Sambutan dari perwakilan Panti asuhan bapak Ustad Agus Sobariyana S.Sos, kemudian dilanjutkan oleh sambutan perwakilan dari UNLA yang disampaikan oleh Ibu Hj. Utang Rukmana Warmana. Dalam kesempatan tersebut disampaikan oleh Ibu Hj. Utang bahwa keberadaan UNLA yang merasa bersyukur dapat berbagi kebahagiaan  bersama anak-anak panti asuhan dalam rangkaian acara dies Natalis UNLA yang ke 37.Di dalam kesempatan itu pula dilakukan penyerahan dana bantuan dari UNLA untuk pembangunan ruang belajar panti asuhan Ulul Al Bab. Dalam kesempatan yang sama perwakilan dari panti asuhan Ulul Al Bab Ustad Agus Sobariyana , S.Sos menyampaikan terima kasih dan berharap kerjasama dan silaturahim  ini terus berlanjut.


3. Puncak acara Dies Natalis Universitas Langlangbuana berlangsung pada hari Kamis , 4 April 2019, bertempat di wisma langlangbuana kampus UNLA ,jalan karapitan no 116 Bandung yang dihadiri oleh segenap sivitas akademika dan para undangan.Dalam sambutannya , rektor Universitas Langlangbuana Dr. HR. AR. Harry Anwar, SH, MH menyampaikan , melalui hari jadi UNLA yang ke 37 , “Mari kita wujudkan bersama kampus yang Unggul, lulusannya Professional, Inovatif , dan Berkarakter.”Lebih lanjut rektor menegaskan bukanlah hal mudah dalam pencapaian cita-cita tersebut , strategi pengembangan unla yang dilakukan berupa upaya-upaya menciptakan good university governance, dengan memfokuskan dalam pembangunan sumber daya manusia, restrukturisasi organisasi, mensinergikan mekanisme-mekanisme dan kebijakan-kebijakan universitas untuk mencapai cita-cita yaitu visi yang telah dirumuskan. Harry menambahkan, dalam masa kepemimpinan Harry dari tahun 2015, hingga tahun 2020, ada beberapa sasaran yang akan dicapai antara lain:

 

a.     Peningkatan kapasitas organisasi, sinergi fungsional dan efektifitas dalam pengelolaan unla untuk akselerasi kemajuan melalui penguatan landasan, infrastruktur serta sistem perencanaan dan pengembangan.

b.     Peningkatan dan pengayaan budaya akademik dan lingkungan yang kondusif bagi terciptanya sivitas akademika yang unggul dan berdaya saing.

c.     Peningkatan kualitas dan kuantitas hasil dari sistem pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan negara.

d.  Peningkatan kuantitas dan kualitas hasil dari penelitian dan inovasi sesuai dengan roadmap penelitian yang merupakan riset unggulan unla.

e.  Peningkatan kuantitas dan kualitas hasil dari kontribusi unla dalam memberikan solusi bagi berbagai permasalahan di masyarakat.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Tri Bhakti Langlangbuana (YPTBL) Komjen. Pol (Purn) Drs. H. Nana S. Permana, dalam amanatnya menyampaikan terkait tantangan yang masih harus diatasi diantaranya :

 

1. Ratio jumlah guru besar dengan dosen belum ideal.

2. Peningkatan jumlah publikasi belum maksimal.

 

Upaya melakukan optimalisasi pengelolaan SDM yang berkualitas diimplementasikan dalam berbagai upaya seperti pendirian P3AI  yang dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi pengajaran dan pemutahiran kurikulum.

 

Nana menyampaikan dalam Era disrupsi ini juga ditandai dengan era revolusi industri 4.0. Yang dikarakterisasi dengan integrasi otomatisasi industri dengan internet.

 

Dampaknya yang nyata dalam dunia kerja adalah kembalinya peran manusia dalam dunia industri itu sendiri, dimana ada berbagai pekerjaan yang hilang tapi ada juga berbagai pekerjaan yang muncul kemudian.

 

Pada kesempatan ini tak kalah penting orasi ilmiah yang disampaikan oleh Kardiawarman, Ph.D. , Dosen UNLA  dengan tema “Pengembangan profesionalisme dan inovasi sdm yang berkarakter menuju perguruan tinggi yang unggul di ASEAN.”

Kardiawarman, Ph.D. , adalah Dosen UNLA yang ditugaskan di Pascasarjana .


4. Acara Pertandingan olahraga juga turut memeriahkan acara Dies Natalis UNLA ke 37 , diantaranya cabang olahraga Volley dan bulu tangkis yang dipertandingkan antar fakultas melibatkan juga tendik dan karyawan UNLA.

 

5. Penutupan rangkaian acara Dies Natalis UNLA ke 37 ditutup dengan acara Gerak Jalan santai UNLA yang menyusuri sejauh 1,5 KM dengan start dan finish di kampus UNLA. Acara ini juga disertai dengan pembagian doorprize sebanyak 11 sepeda gunung dan berbagai hadiah dari sponsor.